Agribisnis Online Ala Wong Desa

2
248
Bibit sengon

Purwokerto (11/08/2016) Kang Nasrul (38 tahun) merasakan benar manfaat internet. Gara-gara internet, omzet penjualan usaha nya meningkat. Tiga kali lipat dari omzet saat masih model offline. Usaha nya di bidang agribisnis meningkat drastis setelah memanfaatkan internet sebagai media jualannya. Pesanan datang dari berbagai penjuru Indonesia. Beberapa kali kirim ke Papua, Sulawesi, dan Sumatra.

Kasi Pemerintahan Pemdes Dawuhan Wetan yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Sekdes ini pun mengaku belajar dari internet. Kemampuannya dalam hal pembibitan didapat dari internet. Tulisan dan video dari internet dia unduh sebagai sarana belajar. Sebab keahlian dasarnya justru di bidang elektro.

Ayah dua anak ini mengaku tak sengaja bisnis pembibitan. Dia merasa hanya tak tega melihat salah seorang warga yang tak punya uang menjelang lebaran. Kang Nasrul diminta membayar bibit palem merah seharga 300 ribu rupiah. Tak berpikir panjang, dia bayar saja. Padahal uang itu dia baru dia dapatkan sebagai honor Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa, sekitar 2 tahun yang lalu.

Lama kelamaan ada juga yang membeli bibit palem merah itu. Total uang yang didapat mencapai 1,2 juta dari modal 300 ribu tadi. Kenyataan itu membuat pria yang tinggal di RT 01/02 Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng Kab. Banyumas ini, tergugah pikirannya. Ini bisnis yang menjanjikan.

Kang Nasrul nekad menyewa tanah di depan SMK Diponegoro Kedungbanteng. Harga sewanya sebanyak 17 juta rupiah untuk jangka 5 tahun. Tempat itu dia jadikan usaha sekaligus pajangan dagangannya. Pasalnya tanah bengkok yang dia garap sebagai perangkat desa, tak memiliki akses kendaraan roda empat.

Sekarang, koleksi bibit tanaman yang dia jual sudah bervariasi. Ada bibit lada perdu, sengon, palem merah, dan masih banyak lagi. Dalam waktu dekat, Kang Nasrul akan mengembangkan bibit sayuran. Dia mengaku sudah memiliki 5 orang karyawan guna mengoperasionalkan usaha nya dengan sistem pembayaran harian.

“Tanah bengkok yang ada di Dawuhan Wetan, akan saya jadikan tempat produksi. Insya Allah tahun ini akses jalan ke sana sudah bisa dilalui kendaraan roda empat,” demikian ujar Nasrul Majid.

Anda berminat? Hubungi:

Nasrul Madjid: 081 329 649 475

 

Siap kirim ke seluruh Indonesia
Siap kirim ke seluruh Indonesia

 

Bibit sengon
Bibit sengon

 

Media tanam
Media tanam
Koleksi lain
Koleksi lain
Lada perdu lagi banyak order
Lada perdu lagi banyak order

 

Melu narsis
Melu narsis

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here