Bersikap Positif Atas Kesuksesan Orang Lain

2
375
Sampai jumpa di puncak kesuksesan.

Rasa iri atas kesuksesan orang lain pasti ada. Tergantung bagaimana kita mensikapi rasa iri tersebut. Jika yang muncul adalah sikap negatif, maka sumpah serapah dan kebencian akan bersemayam, terucap dalam lisan, dan berbentuk dalam perbuatan. Akan tetapi saat rasa iri disikapi secara positif, maka muncul semangat untuk melakukan hal positif pula. Kegiatan positif sebagai reaksi atas kesuksesan orang lain, akan membawa kita ke tujuan yang diidamkan.

Munculnya rasa iri dan heran akan kesuksesan orang lain, bisa bermula dari kesombongan. Kita menganggap seseorang lebih rendah atau biasa-biasa saja. Namun justru seseorang itu melejit dan mencapai kesuksesan. Melihat seseorang lebih rendah atau biasa-biasa saja itu lah salah satu bentuk kesombongan. Padahal semua manusia memiliki potensi dan hak atas kesuksesan.

Kebencian akan bertambah parah saat kesuksesan seseorang berada pada jalur yang semestinya kita tempati.

“Mengapa harus dia yang berada di sana dan bukan kita. Bukankah kita yang sudah lama merintis dan berjibaku untuk itu. Ini tidak adil!”

Kira-kira begitu teriakan dalam diri.

Bermula dari diri sendiri

Segala sesuatu bermula dari diri sendiri. Kesuksesan atau kegagalan ditentukan oleh diri sendiri. Bukankah Allah SWT sudah mengatakan bahwa Dia tak akan mengubah keadaan kita kecuali diri kita sendiri. Mengapa sampai saat ini kesuksesan tidak jua datang. Kadang justru kegagalan demi kegagalan yang datang.

Masalah terbesar ada pada ego pribadi. Merasa diri istimewa dan ingin diistimewakan atas keberhasilan-keberhasilan kecil yang di raih, merupakan batu penghalang. Bentuk nyata dari mensyukuri nikmat atas keberhasilan-keberhasilan kecil bukan lah ingin diistimewakan. Terus memperbaiki diri dan selalu siap berubah menyesuaikan keadaan, bentuk mensyukuri nikmat yang paling tepat. Karena tak ada yang kekal dalam kehidupan ini, kecuali perubahan itu sendiri.

Ego yang bersemayam berasal dari diri yang merasa hebat. Penghargaan demi penghargaan yang diterima tak jarang justru menjerumuskan. Penerima penghargaan merasa dirinya lah yang terbaik. Hingga muncul keengganan untuk belajar dan mendengarkan nasihat orang lain. Oleh karena nya, jika ego masih dibiarkan bersemayam. Jangan pernah berharap untuk meraih kesuksesan.

Menganggap semua orang istimewa

Kita dilahirkan dalam kondisi tak berbeda dari yang lain. Semua organ tubuh sebagai penyokong kehidupan, telah dianugerahkan. Bahkan gen yang ada pada diri kita sama dengan yang lain. Gen yang unggul. Karena gen yang terbentuk berasal dari sperma yang berhasil membuahi sel telur. Sel sperma itu telah mengalahkan ribuan atau bahkan jutaan dari yang lain.

Menganggap bahwa semua orang itu istimewa, akan menangkal dan menyingkirkan ego. Semua orang memiliki hak untuk sukses. Kompetisi meraih kesuksesan sangat terbuka. Siapa yang mau bekerja keras dan cerdas, akan mencapai apa yang dia raih. Tinggal kapan waktu nya akan tiba, hanya Allah SWT yang akan menentukan.

Andai pikiran itu tertanam dalam diri, rasa iri akan disikapi secara positif. Tidak menyebarkan isu negatif akan diri seseorang yang berhasil itu. Jika toh ada kelemahan atas diri mereka, perlu disadari bahwa tak ada manusia yang sempurna. Menuntut kesempurnaan atas diri seseorang dengan mentolerir diri sendiri merupakan perilaku seorang pecundang.

Mensikapi secara positif

Jika ada teman yang sukses, semestinya kita ikut senang. Andai teman itu awalnya berada di belakang kita, lantas menyalip, kita mesti belajar. Bagaimana cara dia menyalip. Kecuali jika kesombongan telah melingkupi kita. Pasti ucapan negatif muncul dari diri. Namun perlu diketahui, semakin kita bersikap negatif, semakin kita tenggelam dan tertinggal jauh dari teman kita itu.

Bertanya dan belajar bagaimana dia meraih kesuksesan dari nya, merupakan sikap positif. Tentu nya dia lebih banyak belajar, bekerja keras dan cerdas, melebihi apa yang sudah kita lakukan. Pastinya ada hal-hal pendukung yang mungkin belum kita miliki. Belajar lah dari mereka.

Seseorang yang benar-benar sukses tak akan menutup diri. Dia pasti terbuka memberitahu kunci keberhasilannya. Kesuksesan yang diraihnya ingin dia tularkan pada orang lain. Saat kita belajar dari nya, dengan senang hati dia akan mengajarkannya.

Orang yang sukses sebenarnya, selalu ingin membantu agar orang lain sukses pula. Karena dia sadar betul bahwa kesuksesannya bukan murni perjuangannya sendiri. Dengan penuh hormat dia akan mengakui bahwa kesuksesannya berasal dari sumbangsih orang lain. Oleh karena  itu lah dia mau membantu agar orang lain bisa sukses.

Akankah kita mau belajar, bekerja lebih keras dan cerdas lagi, atau tetap menikmati keegoan diri. Pilihan ada di tangan kita.

Salam sukses!

Sampai jumpa di puncak kesuksesan.

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here