Buku Tentang Mendidik Anak

0
306
Bukan model madul

Pepatah mengatakan: “belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu. Belajar di waktu tua bagai menulis di atas air”.

Kesulitan mendidik anak-anak sering dikeluhkan para orang tua. Meski pernah mengalami masa kanak-kanak, saat harus mendidik anak-anak, kita sering gagap. Kita seolah asing dengan dunia anak-anak. Sulit memahami apa yang anak-anak pikirkan.

Saat kebingungan melanda, secara tak sadar, kita meniru cara mendidik anak yang belum tentu benar. Hasilnya pun jauh dari memuaskan.

Beruntung aku memiliki teman-teman yang konsen di bidang ini. Maka, saat Neni dan Padang bercerita tentang buku parenting. Segera aku putuskan untuk membeli. Aku tak merasa perlu banyak pertimbangan.

Ternyata kami berjodoh. Aku, Neni, dan Padang bisa bertemu di La Delicia Café n Resto siang tadi (18/08/2016). Tempat usaha Anang Sidarta ini menjadi pos kami bertemu. Lokasinya yang berada di dalam kota Purwokerto, lebih memudahkan. La Delicia Café n Resto berada persis di depan Rumah Sakit DKT. Mudah dicari.

Obrolan seputar pendidikan anak mengemuka. Buku JOSSS (Jadi Orangtua Super Shalih Shalihah) yang Padang tulis mengulas tentang Parenting. Sedang buku “Sekolah di Atas Awan” yang diceritakan Neni, tak jauh dari tema itu. Mereka begitu asyik bercerita tentang pendidikan anak. Aku dan Anang cukup menjadi pendengar. Aku tak begitu paham. Sedang Anang merasa perlu belajar.

Keasyikan bercerita tentang parenting di dukung oleh Mba Asih, istri nya Padang. Aku merasa perlu menyimak pengalamannya. Mengasuh 4 (empat) orang anak, tentu bukan pekerjaan mudah.

Andai tak ingat akan agenda lain, ingin pula mendengar obrolan Padang dengan Desi. Dia datang menyusul. Sempat pula terlibat dalam obrolan mereka.

Buku JOSSS bertutur tentang bagaimana orang tua mendidik anak-anaknya. Kesibukan mengejar karir hendaknya tidak melupakan kewajiban mendidik mereka. Sekilas membaca buku ini, terdapat sisi yang terlupakan dalam mendidik anak. Yakni tentang keteladanan orang tua terhadap anak-anaknya. Buku ini mengajari kita agar mudah melakukannya.

Sedang buku “Sekolah di Atas Awan”, bercerita tentang proses pendidikan di Sekolah Alam Baturaden. Konsep pendidikan anak yang unik. Anak-anak tidak di beri pelajaran dalam ruang kelas, tapi di alam. Seperti namanya, sekolah ini memanfaatkan alam sebagai media belajar. Kreatifitas guru dalam menyampaikan pelajaran menjadi daya tarik tersendiri.

Nah, tentu keterangan yang aku tulis masih jauh dari isi kedua buku ini. Yang aku yakini, buku ini memberikan banyak suguhan menarik lainnya. Recommended!

Kamu tertarik?

Silakan kontak:

Padang Kusumo (0819 0315 5544) untuk mendapatkan buku JOSSS,

Isnaeni Tr (0812 2734 403) untuk mendapatkan buku “Sekolah di Atas Awan”.

Salam.

Bukan model madul
Bukan model madul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here