Menemui Tamu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Kudus

0
161
Berbagi pengalaman

Selayaknya tuan rumah menjamu tamu, maka panggilan mendadak kami iya kan. Beruntung saya dan Dodiet Prasetyo lagi berada di seputaran Purwokerto. Kami mendampingi Oentung Soegiarto selaku Kabid Pemberdayaan Ekonomi dan Teknologi Tepat Guna, bercerita tentang BUMDesa Bersama Banyumas dan transformasi BKD, pada Rabu (12 Februari 2020).

Diskusi serius nan santai

Adalah Kepala Dinas PMD Kab. Kudus, Drs. Adhi Sadono Murwanto, MM., dan Tim yang ditemui. Pendampingan, pembinaan, dan pengawasan terhadap BUMDesa, BUMDesa Bersama, dan transformasi Badan Kredit Desa menjadi hal yang ditanyakan. Pelbagai proses dan kegiatan di Banyumas yang beraneka rupa menjadi hal yang unik. Banyak hal yang bisa dipelajari tatkala beragam, bukan seragam.

Berbagi pengalaman

Bertempat di ruang kerja dan didampingi Kepala Dinsospermasdes Kab. Banyumas, Kartiman, SH.,M.Hum, cerita pun mengalir. Selama 3 tahun berproses, dari sekitar 62 BKD yang aktif, ada yang memilih menjadi BUMDesa, Lembaga Keuangan Mikro, dan unit usaha BUMDesa Bersama. Namun demikian, tahapan alur dan produk hukum yang memayungi, hampir sama.

Menyimak feedback

Diskusi tentang kondisi BUMDesa baik di Kudus maupun Banyumas tak jauh berbeda. Meski diakui Banyumas lebih variatif. Momentum pergantian kepemimpinan di desa baru-baru ini di Kudus akan dioptimalkan. Beliau akan memberikan pencerahan kepada para Kades bahwa melalui BUMDesa, desa akan lebih prospektif, meski memang butuh proses.

Berbagi pengalaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here