Merenungi Syair Lagu Deen Assalaam

0
537

Akhir-akhir ini, telinga kita akrab mendengar syair lagu-lagu syahdu berbahasa arab yang disenandungkan oleh si cantik Nissa Sabyan. Merdu suara Nissa menjadikan lagu yang meski kita tak tahu artinya, tetap enak didengar. Terlebih jika kita mengerti artinya, tentu rasa haru akan menyeruak. Salah satu lagu tersebut berjudul Deen Assalam.

Namun ini hanya lah sebuah syair biasa, bukan sholawat atau pun doa. Tak perlu mengamini saat mendengar, cukup resapi maknanya, dan praktekkan dalam dunia nyata.

Lagu yang pertama kali diperkenalkan oleh Sulaiman Al-Mughni, seorang remaja Arab Saudi, sudah dinyanyikan ulang dengan berbagai versi. Salah satunya si Nissa Sabyan tersebut. Petikan gitar dari Nathan Fingerstyle dari lagu ini pun enak didengar.

Mendengar lirik dan nada lagunya saja sudah menyentuh di hati. Apalagi jika kita tahu makna lagu tersebut. Si pencipta lagu seakan ini sesederhana mungkin mengatakan pada para pendengar bahwa Islam agama toleransi. Dimana rasa itu akan didapat jika kita bisa berlapang dada.

Turn back Terorism

Munculnya cover lagu Deen Assalaam yang dibawakan oleh Nissa Sabyan dirasa tepat waktu. Berbagai kejadian bom bunuh diri beberapa hari sebelum bulan Ramadhan, bukanlah ajaran al-Islam. Terlebih dilakukan di sebuah wilayah yang tidak sedang berperang. Berbeda kondisinya jika Islam diperangi seperti di Palestina.

Dakwah Islam yang secara lembut diperkenalkan sejak dulu hingga kini, seakan omong kosong. Perilaku dan atribut yang mereka pakai, membuat saudara-saudara muslim yang beratribut sama, dianggap sama perilakunya. Padahal tidak demikian juga. Ciri teroris yang disematkan kemudian menstigmakan bahwa Islam adalah agama teroris. Meski masih menjadi perdebatan pula, mengapa pelaku teror lain, semisal di tanah Papua, tidak dilabeli teroris juga.

Mereka yang menghalalkan darah sesama muslim atau kaum kafir jelas mengingkari wasiat Rasulullah SAW.

“Barangsiapa membunuh seorang kafir dzimmi, maka dia tidak akan mencium bau surga. Padahal sesungguhnya bau surga itu tercium dari perjalanan empat puluh tahun” (HR. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

Beredar lama

Sebenarnya lagu ini sudah cukup lama dinyanyikan. Namun ketika lagu ini dinyanyikan ulang oleh Sabyan Gambus dengan Nissa sebagai vokalis, cepat sekali viral. Entah karena lirik dan nadanya yang enak didengar, waktu peluncurannya tepat, atau mungkin terkesima dengan penyanyinya.

Senandung lagu dan lirik Deen Assalaam yang lembut membawa pesan kedamaian. Dalam syairnya dikatakan bahwa dunia akan terasa sempit jika hidup tanpa toleransi. Namun jika hidup penuh cinta, kita akan bahagia, sesempit apapun dunia ini. Pesan ini tersirat dalam QS Al An’am ayat 125.

Berikut syair dan arti lagu Deen Assalaam:

Kala ha dil ar maa taq fi masahat
La u na hasib la sama hat
Wan ta ayas na bahb
La ta ghay kal ar tha nas kan kal ya ghar

Ab ta hayat wab salaam
An syaru wah lal kalam
Zay nu dini yakh te rabb
Ab ma habbat wab ta sam

An syaru ba anil ana
Ha da hud deen as salaam

Arti Lirik Deen Assalam:

Seluruh bumi ini akan terasa sempit
jika kita hidup tanpa toleransi
namun jika hidup dengan perasaan cinta
meski bumi sempit kita kan bahagia

melalui perlaku mulia dan damai
sebarkanlah ucapan yang manis
hiasilah dunia dengan sikap yang hormat
dengan cinta dan senyuman

sebarkanlah diantara insan
Inilah Islam agama perdamaian

*)Tulisan ini diolah dari berbagai sumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here