Nice Trip to Majalengka and Ciamis (edisi ke-1)

0
123

Kuningan-Majalengka (16/08/14) Adalah Emah Maryamah, nenek dari 2 (dua) orang cucu yang juga ketua UPK Panjalu Kabupaten Ciamis yang dulu pernah berdiskusi di hotel Moroseneng Baturaden. Sedikit kembali ke masa itu, bersama pengurus UPK Kec. Kedungbanteng-Banyumas, aku diminta berbagi dengan para pengurus UPK se-Kab. Ciamis dan Pangandaran. Itu lah awal mula kedekatanku dengan kawan-kawan di Ciamis dan Pangandaran.

Emah Maryamah menjadi ketua UPK kec. Panjalu setelah ada kasus penyelewangan dana beberapa waktu sebelumnya. Nenek yang juga istri dari mantan Kuwu (Kades) Panjalu ini duduk bersebelahan sejak dari Kuningan. Ternyata Kang Aji teman seperguruan di Desa Melung-Banyumas, ketua RTIK Jabar, masih terhitung anak keponakannya.

Jalan berliku, sempit melewati sawah dan pepohonan rindang masih terngiang lagu wajib di mobil APV Silver-nya Ury: Shaggy Dog. Ah, maning-maning Gonus… wkwkwk…

Di setiap pasti ada saja yang jadi bahan bully. Sang sopir, Abeh lah aktornya. Baik Solehudin maupun Juniar tak henti-hentinya menjadikan UPK senior ini sebagai bahan olok-olok. Aku pun tak kaget, karena ini juga pernah mereka lakukan pas di Baturaden maupun saat mampir ke kantor UPK ku.

Sebenarnya aku ingin meminta berhenti sebentar saat melewati desa bernama Mandirancan.Aku hanya kepengin narsis di mana saja yang ada tulisan Mandirancannya. Serasa di desa sendiri.,, hehe…

Pasalnya nama desa Mandirancan sama dengan nama desaku di Banyumas. Perlu diketahui bahwa sejauh yang aku tahu, di Indonesia hanya 2 (dua) tempat yang bernama Mandirancan. Yakni Desa Mandirancan Kec. Mandirancan Kab. Kuningan Provinsi Jawa Barat, dan Desa Mandirancan Kec. Kebasen Kab. Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Jika Anda kurang yakin, silakan googling aja… ahihi…

Tapi itu urung aku sampaikan. Maaf ya , kawan-kawan Ciamis. Ini bukan salah Anda.Hanya perasaan tak enak saja yang menyeruak jika keinginan ini terucap.

Perjalanan kami menuju UPK Sindang Kab.Majalengka.Ketua UPK Sindang pernah bertemu pada acara Harlah GDM yang pertama di Desa Melung pada bulan Desember 2011 dulu. Acara berbagi pengalaman ke sini atas rekomendasi Kang Tarjo, yang pernah ditugaskan menjadi Faskeu di sana.

Kang Aboer melalui BBM memandu saya, selain Kang Tarjo dan mengandalkan GPS dimana Juniar sebagai navigatornya.Perjalanan ini aku masih terlibat perbincangan, termasuk kala memasuki areal agrobisnis di sepanjang perjalanan kami ke Sindang. Banyak bibit-bibit tanaman yang menjadi usaha masyarakat di sana. Maklum, untuk menuju ke Sindang kami harus melalui jalan sempit, berliku, dan aspal yang sudah rusak di sana sini. Ciri khas jalan ke desa di dataran tinggi.

Di daerah yang disebut Pajajar, via BBM Kang Aboer mengatakan bahwa di sekitar itu ada petilasan pemandian Raja Pajajaran.Tepatnya dimana, aku tak tahu.Mau bertanya ke sesama penumpang pun sepertinya buta. Karena tak jarang GPS yang ditangan Juniar berubah menjadi pertanyaan ke penduduk, maka tak salah jika GPS bisa diartikan: Gunakan Penduduk Setempat.

Saat Kang Tarjo katakan bahwa perjalanan ke Sindang layaknya perjalanan ke Melung, sepertnya aku pun sepakat.

Akhirnya kami sampai juga ke kantor UPK Sindang. Sudah menunggu segenap pengurus UPK Sindang dan Ketua BKAD, tentu tak ketinggalan Kang Aboer yang berjanji akan memandu kami keluar dari Sindang dengan jalur yang lebih baik daripada jalan masuk tadi.

Acara diskusi dipandu oleh Ketua BKAD Kec. Sindang, Pak Dedi. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan berbagi pengalaman masing-masing dari Assosiasi UPK Kab. Ciamis dengan sebelumnya ada pemaparan profil singkat dari Ketua UPK Sindang.

Baru sadar kalau nama Izzy itu bukan nama asli dari teman lamaku ini. Nama aslinya Ima Rahima. Sebab nama FB-nya Izzy dan nama akun twitternya @FrizzyThea. Padahal meski ini pertemuan yang kedua, kami selalu ngobrol via media sosial maupun kegiatan video conference.

Yang menarik disini adalah model absensi yang sudah menggunakan finger print. Bisa dijadikan sebagai model penanaman disiplin keberangkatan ke kantor. Baik hari maupun jam masuk serta jam pulang. Transparansi laporan tak hanya via hardcopy tapi juga tertuang dalam website sendiri: www.upksindang.or.id(sayang sedang tidak aktif).

Saat kau berjuang di jalan-Nya maka akan kau temui bumi yang luas dan rizki yang banyak (terjemah bebas QS. An-Nisa: 100)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here