Penat Hilang di Bukit Mbulu Desa Kalisalak

2
574
Tersungging senyum bahagia Mas Bambang

Satu lagi destinasi wisata desa yang layak kamu datangi, yakni Bukit Mbulu Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen. Pemandangan indah seperti di awang-awang membuat lelahmu akan terbayar. Hijau pepohonan di bukit sekitarnya akan menyejukkan mata. Jauh di bawah sana akan kamu dapati hamparan sawah dan bangunan rumah di Sampang – Cilacap.

Kerlap kerlip lampu di bawah sana akan terlihat seperti kunang-kunang saat malam menjelang. Keheningan malam dan memandang keindahan alam menjadi sarana tepat untuk berintrospeksi. Merenung dan mengingat masa-masa dulu guna memumpuk energi menyongsong masa depan. Recommended pokoknya.

Dermaga yang dibangun secara gotong royong oleh masyarakat grumbul Watu Gede akan memudahkan kita berfoto ria. Meski terbuat dari bambu, untuk beberapa orang masih cukup kuat. Pengunjung memang harus rela bergantian, demi keamanan dermaga. Sarana dan prasarana di sana memang tak boleh permanen, karena masih masuk wilayah pangkuan Perhutani.

Kerjasama pengelolaan wisata bukit Mbulu antara Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dengan pihak Perhutani difasilitasi oleh Pemerintah Desa Kalisalak. Pembinaan pengelolaan wisata menjadi bagian program kerja pemerintah desa. Potensi alam di sana memungkinkan untuk itu. Warga antusias menyambut program baik tersebut.

Menurut Supriyono, salah satu perangkat desa, pengunjung bukit Mbulu mulai banyak. Memang masih didominasi oleh pengunjung lokal Banyumas. Namun beberapa dari luar kota sudah mulai berdatangan. Karena alasan akses jalan, maka pengunjung memang lebih banyak dari arah kota Banyumas daripada Kebasen.

Akses jalan yang selalu menjadi masalah berat untuk pengembangan wisata alam, sudah disampaikan oleh Sutrisno, Kepala Desa Kalisalak. Pada acara peresmian jalan dan wisata bukit Mbulu, hadir Bupati Banyumas yang langsung di todong. Kepala Desa berharap adanya dukungan berupa pembangunan jalan menuju ke sana.

Selain pemandangan indah dari bukit Mbulu, akan kamu temui Watu Gede dan Tirta Pandawa, yang segera dibangun kolam renangnya. Dingin dan segar air pegunungan pastinya bisa menghilangkan kegerahan penat akibat rutinitas pekerjaan. Rimbun pepohonan di sepanjang jalan menuju ke sana, jika dinikmati, tentu menyegarkan pernafasan. Masih asri, alami, sejuk, dan segar.

Memang diperlukan niat dan sedikit nyali untuk sampai ke sana. Tak perlu khawatir, akses jalan dari Dawuhan dan atau Pasinggangan Banyumas cukup memadai. Jika kamu nyali mu cukup tinggi, naik lah dari Kalisalak melewati Karangbanar.

Datangi dan hilangkan penatmu!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here