Profil

Dulu saat aku masih kecil, sampai usia SMP bahkan, tak ada yang bisa menunjukkan rumahku saat kamu bertanya, “saya cari rumahnya Kikis”. Nama Kikis tak di kenal di sekitar rumah. Mereka lebih familier memanggilku Nanang. Nama ini bermula dari ucapan Mba ku, Eci. Saat aku lahir, dia ditanya oleh para tetangga, nama adiknya siapa, lantas Mba ku menjawab, “wong cah lanang, ya Nanang”. Sejak saat itu, mereka memanggilku Nanang.

Aku lahir di Desa Mandirancan Kec. Kebasen Kab. Banyumas pada 28 Mei 1979. Bapakku bernama Tarwan dengan nama tua Martowirejo, sedang Mamakku bernama Kinem. Tapi sejak aku berusia 1,5 tahun, mereka bercerai. Sejak aku kelas 3 SD, Bapakku pergi transmigrasi ke Pontianak, Kalimantan Barat hingga sekarang tak pernah bertemu.

Kami tiga bersaudara. Mbak ku bernama Eci Artati dan adikku bernama Kikin Yuswono. Mbak ku sekarang tinggal bersama suaminya, Sumadi, dan anak semata wayangnya, Dita Prihartati. Sedang adikku tinggal bersama istrinya, Desi Rosiana Sari, di Gianyar, Bali.

Alhamdulillah, aku dikaruniai dua orang anak. Anak pertamaku bernama Al Ghamisha Lu’lu AzZahra, sekarang sudah kelas 2 di MI Muhammadiyah Patikraja. Sedang yang kedua bernama Muhammad Syamil Ar-Royyan, dia baru 3,5 tahun. Istri ku bernama Susi Poningsih dari Desa Tunjung Kec. Jatilawang.

Aku mulai belajar di TK ‘Aisyiyah Patikraja, kemudian SDN 3 Mandirancan, SMPN 1 Patikraja, SMAN 2 Purwokerto, dan Universitas Wijayakusuma Purwokerto jurusan Manajemen.

Sejak SMP aku mulai aktif berorganisasi di Pramuka dan OSIS. Saat di SMA aktif di OSIS, Pramuka, PMR, dan Rohis. Selepas SMA aktif di Remaja Masjid, Pengajar TPQ, dan di SPSI “Krishna” Moro Grosir Purwokerto. Pergaulan selama berorganisasi membuat aku menyadari bahwa membangun relasi sosial itu penting. Manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa berhubungan dengan manusia lain.

Sekarang aku pun masih aktif di organisasi. Aku menjadi Sekretaris RT 01/01 Desa Mandirancan, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kec. Kebasen, tercatat sebagai Pokja II Tim Penggerak PKK Kec. Kebasen, anggota Komunitas Masyarakat Sadar Keselamatan (KMSK) Kab. Banyumas.

Sejak SMP aku suka menulis, meski baru beberapa yang muncul di media massa. Aku aktif mengisi website desa, yakni www.mandirancan.desa.id, www.banyumasmandiri.or.id, www.smada98.or.id, dan blog pribadi: www.kikis.id

Sebelum berpindah posisi menjadi Ketua BKAD, aku pernah menjadi Ketua III Assosiasi UPK Nasional, bidang Komunikasi, Media Massa, dan Informasi.

Pengalaman bekerja sudah dimulai sejak masih kecil. Saat masih duduk di bangku SD, hampir di setiap tontonan aku berjualan es lilin. Kemudian berjualan koran saat kelas 2 SMA sampai lulus. Sejak 1999 – 2001 menjadi karyawan Moro Grosir Purwokerto sebagai pramuniaga. Setelah itu menganggur, dan kemudian wirausaha jasa pengetikan dengan sebelumnya bekerja sambil belajar di sebuah usaha sejenis. Pernah menjadi marketing pada salah satu distributor produk makanan di Purwokerto. Akhirnya bekerja di Unit Pengelola Kegiatan (UPK) pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MP) sejak tahun 2009 sampai 2014. Aku baru mulai kuliah sambil bekerja saat bekerja di UPK, yakni mulai tahun 2010.

Sesekali mengisi acara di Pro 1 RRI Purwokerto khususnya siaran pedesaan, pernah sekali di Pro 2 RRI untuk acara remaja.

Menulis aku jadikan alat untuk menuangkan apa yang aku pikirkan. Baik berupa gagasan, ide atau pemikiran, dan atau pengalaman selama mengikuti serangkaian kegiatan. Motto dalam blog ku: “Senang Berbagi”. Karena hobi ku adalah membaca dan berteman.

Demikian.