Semua Akan Mudah Saat Kita Mau Berubah

0
106
Saatnya Berubah

Judul tulisan ini pernah aku jadikan caption. Saat itu aku hanya yakin bahwa semua kesulitan yang kita hadapi karena kita enggan berubah. Kita lebih senang menuntut orang lain yang berubah. Mereka yang seharusnya menyesuaikan dengan kita. Pada kenyataannya, justru sebaliknya. Namun, jawaban bagaimana seharusnya kita berubah, baru-baru ini aku dapatkan.

Adalah training bertajuk “know your power; know your customer” yang membukakan cara itu. Materi yang disampaikan oleh Coach Gigie menarik. Penemuan terbaru tentang pengenalan karakter manusia, menjadi jawabannya. Meski secara teori mungkin rumit, Coach yang mengaku tidak sempat kuliah ini membawakannya dengan lugas. Permainan sebagai sarana membuatnya mudah dimengerti.

Pegadaian Purwokerto sebagai penyelenggara mengundang peserta yang berasal dari Forum Human Resources Banyumas, dosen Unsoed, Asosiasi Sales, dan para Pegiat Desa. Sosialisasi produk-produk layanan Pegadaian menjadi salah satu materi. Karena Pegadaian yang sekarang pun sudah berubah. Banyak produk layanan yang penting untuk disampaikan kepada khalayak umum.

Coach Isnantyo menjadi moderator

Foto Karakter

Jika dulu kita mengenal ada 4 (empat) tipe karakter manusia, yakni: sanguinis, melankolis, koleris, dan phlegmatis dalam buku Personality Plus, sekarang dirasa sudah tidak relevan. Pasalnya banyak ditemui karakter manusia beririsan antara satu tipe dengan tipe yang lain. Kemudian ada tes DISC (Dominance, Influence, Steadinnes, Compliance), dan juga tes MBTI (Myers-Brigss Type Indicator), keduanya pun kurang. Sekarang lebih banyak digunakan teknik Foto Karakter. Karena bisa mengenali personality, karakter, dan juga temperamen seseorang.

Para peserta diminta menuliskan jawaban dari pilihan kata yang diyakini mewakili karakter sendiri. Setelah menjawab 12 (dua belas) pertanyaan, akan terlihat dominasi karakter seseorang. Pembedanya ditandai dengan dominan warna pada pilihan kata yang tersedia. Ada warna merah, kuning, hijau, dan ungu. Untuk satu pertanyaan, peserta diperbolehkan memilih lebih dari satu jawaban.

Masing-masing warna memiliki arti. Hasil perhitungan pilihan kata yang aku tulis, aku mendapatkan 8 (delapan) warna kuning, 7 (tujuh) warna hijau, 6 (enam) warna merah, dan 1 (satu) warna ungu. Sisi positif dari warna kuning adalah kaya akan ide, warna hijau adalah sabar, warna merah adalah tipikal pemimpin, dan warna ungu lebih teliti.

Menurut Coach Gigie, ada sekitar 1000 (seribu) kombinasi untuk mengenali karakteristik seseorang. Namun itu perlu pendalaman lagi. Bahkan ada terapi yang bisa dilakukan untuk mengurangi dominasi masing-masing unsur warna tersebut. Sebab jika terlalu dominan pada satu warna, maka sisi negatif akan muncul. Seperti sisi negatif warna ungu, yakni baperan.

Promosi kegiatan via Satelit TV

Perubahan Pegadaian

Sejatinya Coach Gigie dan Coach Isnantyo didatangkan dari Jogja untuk melakukan training pada para karyawan Pegadaian. Kegiatan pada Sabtu (20/11/21) di Oemah Daun Purwokerto adalah kegiatan tambahan. Sejak Senin (15/11/21) kedua Coach ini sudah tinggal dan melakukan training pada para karyawan Pegadaian Purwokerto.

Perubahan dalam produk layanan mesti diikuti dengan perubahan pola pikir dan pola kerja karyawan. Pegadaian mesti pro aktif mengikuti perkembangan jaman. Selain harus memberi keuntungan pada negara, BUMN yang sudah sangat tua ini (peninggalan Belanda) mesti memberi contoh pada yang lain agar tidak collaps.

Pada paparannya, Diarra L. Ragusta, selaku Relationship Manager Pegadaian Purwokerto membeberkan perubahan yang diinginkan Kementrian BUMN dengan core value yang baru yakni AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif). Terobosan perlu dilakukan agar layanan produk di Pegadaian dikenal masyarakat luas. Salah satunya dengan dibukanya agen Pegadaian. Mau jadi agen Pegadaian? Silakan datang ke kantor Pegadaian Purwokerto.

Saat inginkan kemudahan, maka lakukanlah perubahan.

Ketagihan Mendoan
Warung Kluthuk Banyumasan

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here