Tersenyum karena Temanggung Bersenyum

2
637
Endorse gratisan... hihi....

Bagian ke-4

Apa itu Kefir?

Jawabannya kami temukan di Rumah Kefir Temanggung “Duo Professor”. Usaha skala rumahan Kang Denden dan istrinya, Emi, menjadi tujuan selanjutnya. Setelah berpamitan dengan teman-teman UPK dan BKAD Kec. Bulu, kami ke sini.

Kefir adalah fermentasi susu segar. Menurut Mba Emi, kefir memiliki baktori patogen lebih banyak daripada Yakult atau Yoghurt. Kedua produk pasaran tersebut hanya memiliki sedikit bakteri baik. Tak heran, jika masalah pencernaan masih sering terjadi. Sedang terapi kesehatan dengan Kefir, sudah banyak yang membuktikan.

Kesulitan dalam pemasaran kefir ada pada pengetahuan tentangnya yang belum meluas. Terapi kesehatan dengan minum kefir masih relatif jarang. Selain itu, rasa kefir yang begitu kecut, banyak dihindari. Belum lagi lama nya terapi. Pemakaian kefir memang lebih lama guna terapi pengobatan. Hasilnya tak bisa instan ala obat-obatan kimia. Belum lagi reaksi saat detoksifikasi dalam tubuh, rasanya tak nyaman. Kecuali yang benar-benar sehat.

Produk kefir untuk kecantikan

Selain mengatasi masalah pencernaan, kefir bisa dibuat berbagai produk kecantikan. Produk kecantikan ini menjadi daya tarik bagi Mba Diani dan Cici. Krim malam dan masker mereka beli. Mereka penasaran dengan hasil detoksifikasi pada wajah. Sebab kata Mba Emi, saat detoksifikasi berjalan, wajah akan terasa gatal, ‘clekat-clekit’. Ini disebabkan karena ketergantungan wajah akan kosmetik kimia. Tapi lambat laun, rasa gatal itu akan hilang. Kekenyalan kulit akan kembali.

Aku juga melihat ada sabun susu. Rupanya sabun susu yang dulu pernah aku ikut memasarkannya, merupakan hasil fermentasi. Kefir dijual dalam bentuk cair, krim malam dan masker dalam bentuk krim, dan sabun dipadatkan terlebih dulu.

Menurut Mba Emi, produk krim guna kecantikan bisa ditambahkan bahan-bahan lain. Tentu nya bahan tambahan tersebut harus alami pula. Semisal minyak zaitun atau teh hijau. Sedang untuk hasil yang lebih baik, kefir yang dimanfaatkan dalam kecantikan, menggunakan susu kambing.

Pemakaian masker kefir pun hampir sama dengan yang lain.Yakni bersihkan wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Oleskan masker kefir secara merata. Diamkan sekitar 2-30 menit. Masker kefir akan terserap ke dalam kulit, lalu bilas dengan air bersih.

Berbeda dari produk kimia yang lebih tahan cuaca, produk kefir harus tersimpan dalam kulkas. Produk-produk alami memang kadang butuh perlakuan lebih. Hal ini sering dijadikan alasan klise banyak orang untuk enggan memakainya.

Saat aku bertanya tentang estimasi biaya dan prosentase keuntungan, aku takjub. Rupanya, usaha skala rumahan ini cukup menjanjikan. Pasalnya, bahan baku yakni susu sapi atau kambing dan grand kefir, cukup terjangkau. Apalagi grand kefir bisa dikatakan, beli sekali untuk selamanya.

Jika dihitung-hitung, menurutku ini cocok buat usaha ibu-ibu. Sebab peralatan yang dipakai pun sederhana. Proses pembuatan kefir pun mudah. Cukup melarutkan susu dengan grand kefir selama 48 jam saja. Tutup rapat. Lalu saring untuk memisahkan grand kefir dengan kefir itu sendiri.

Kendala utama ya itu, edukasi penggunaan kefir. Sebab masuk banyak orang yang awam tentang ini. Ini tantangan sekaligus peluang.

Kopi Enema

Salah satu khasiat kopi yang masih jarang diketahui ialah soal enema. Menurut Wikipedia, Enema adalah prosedur pemasukan cairan ke dalam kolon melalui anus. Enema dapat ditujukan untuk merangsang peristaltik kolon supaya dapat buang air besar, membersihkan kolon untuk persiapan pemeriksaan operasi, serta memberikan sensasi berbeda dalam teknik berhubungan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa sisa makanan dalam proses pencernaan yang dikeluarkan berupa feses, pasti tidak sempurna. Sisa-sisa feses yang tertinggal dalam usus besar (kolon) mesti dikeluarkan. Salah satu cara nya dengan enema.

Proses enema menggunakan kopi, sudah terbukti berhasil. Meski sebagian tenaga medis tidak setuju, para pegiat kopi sudah banyak yang mempraktekkannya. Sifat kopi sebagai pembersih terbukti mampu membersihkan usus besar dari sisa-sisa kotoran yang menempel. Proses detok pun sering membuat tak nyaman. Perut mules tak karuan. Tapi lihat nanti, saat sisa-sisa kotoran keluar. Lega.

Untuk memulai enema, yang dibutuhkan ialah kantung enema dan kopi yang benar-benar organik. Panaskan 3 sendok makan kopi dalam 1 liter air dalam waktu sekitar 10-12 menit. Kemudian dinginkan dalam suhu 35-40 derajat celcius. Masukkan dalam kantung enema.

Lalu gantung kantung enema lebih tinggi dari posisi kita, masukkan selang ke dalam anus sekitar 3-5 sentimeter. Tahan cairan kopi yang sudah masuk sekitar 5 menit. Lalu keluarkan.

Kadang, terapi ini membutuhkan beberapa kali. Sebab pada tahap awal, cairan kopi baru sebatas melepaskan kerak-kerak kotoran dari dinding kolon. Setelah beberapa kali, sisa-sisa kotoran itu akan keluar.

Mau coba? Silakan.

Endorse gratisan... hihi....
Endorse gratisan… hihi….

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here